Sunday 7 November 2010

Saya Pakai Celak, Bukan Maskara

Pernah dengar soal celak? Atau malah anda adalah salah satu pemakainya?

Okay, jadi celak itu semacam bubuk, serbuk gitu, yang dioleskan di mata, lebih tepatnya di garis mata. Warnanya bisa biru tua atau hitam, lebih banyak sih hitam, saya make yang hitam.

Biasanya, celak punya wadah sendiri, pada tutup wadah itu, terdapat semacam stik yang nantinya bubuk celak akan nempel disitu kemudian kita oleskan ke mata.

wadah celak dan tutupnya, celak itu bisa disi ulang terus.
cara make celak dan hasilnya


Untuk mereka yang tidak terbiasa, memang bisa bikin mata kelilipan karena serbuknya akan masuk mata, tapi untuk yang sudah terbiasa, tinggal sreeet! Dan mata tampak lebih cantik.

Sejak masuk kuliah ini, saya mulai istiqomah memakai celak bubuk, bukan eyeliner lho yaa.. beberapa teman mengomentari saya,”Nada, kamu pake mascara ya?” dan saya pun harus menjelaskan bahwa saya nggak pake maskara. Hasil dari penggunaan maskara dan celak itu beda lho, berikut gambarnya.
hasil maskara
maskara itu berefek pada bulu mata sehingga bulu mata menjadi lentik, sedangkan celak berefek pada garis mata. beda kan?

Nah, sesuai dengan yang saya pelajari dulu, celak itu hukumnya sunnah untuk dipakai dasarnya bisa dibaca di kitab akhlaqul banat. Selain bikin mata tampak indah, celak juga punya manfaat lho..

Celak bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, memperkuat pandangan orang yang memakainya dan lebih jelas, dan melembutkan materi yang buruk. Beberapa jenis diantaranya dapat dipergunakan untuk memperindah, sangat cocok dipergunakan ketika saat tidur, membuat ketenangan mata setelah tidur akibat gerakan gerakan yang membahayakan, dan membantu kekuatan alamiah dalam tubuh. Itsmid (antimonium) memiliki khasiat tersendiri untuknya. Bagian ini saya comot dari sini.

Ayo,ayo. Mari kita pakai celak, sudah ibadah bikin cantik lagi!

11 comments:

  1. nad, habis baca blogmu aku langsung pake celak hihi

    ReplyDelete
  2. nggak kelilipan kan chat? :D

    ReplyDelete
  3. wah, tau aja..haha. saiki wes pro aku

    ReplyDelete
  4. wah,, jadi cew repott ya nad...

    ho2...

    ReplyDelete
  5. @chaty:mari kita buktikan besok kalo aku pulang :))
    @masfahmi: biasa aja sih mas, kalo aku soalnya ngga pernah dandan :)) dan btw, celak itu juga banyak dipake cowok kok :)

    ReplyDelete
  6. ;)) wah aku juga pake celak itsmid mbak mau nanya aku baru pake celak ini emm... bagian bulu matanya apa juga dikasih ya...

    ReplyDelete
  7. kalo bagian bulu mata pake maskara, celak cukup di garis mata saja:)

    ReplyDelete
  8. cari celak itu biasanya dimana sih ? kalo liat cara pakenya kayaknya ngeri ~x(

    ReplyDelete
  9. Kalau di daerah surabaya, bisa cari di ampel. atau cari di daerah yang jualan perlengkapan muslim biasanya ada. ngga ngeri kok. bertahun-tahun saya pake celak ngga pernah sakit mata malah :D

    ReplyDelete
  10. baru tau nad kalo pake celak itu ibadah, mauu nyobak =p~

    ReplyDelete
  11. jadi pengen make celak :D haha

    ReplyDelete

jangan cuma baca, tapi komen juga ya