Friday, 6 March 2015

Mengamankan Facebook dari Konten Gadis Mabuk dan Konten Porno Lainnya

Pagi tadi, Guru SMA saya saat  memposting 'warning' agar teman-teman beliau di Facebook tidak mengirimi konten-konten mesum di laman Facebook wali kelas saya itu. Saya pun ikut berkomentar di status tersebut, menyarakankan beliau untuk mengatur privasi beliau agar tidak semua posting yang menandai beliau langsung muncul. Guru saya itu menanyakan caranya. Saya pikir akan lebih mudah menjawabnya melalui posting blog.

Sebelumnya beberapa teman saya yang lain di Facebook mengalami hal yang sama, news feed saya jadi penuh hal tak senonoh. Jadi mungkin untuk yang sudah mengalami kasus gadis mabuk ataupun sejenisnya atau yang belum dan tidak ingin sampai mengalami kasus itu, begini cara mudahnya.

1. Masuk ke akun Facebook Anda.
2. Buka laman pengaturan Facebook Anda. Untuk mengakses laman ini ada dua cara. Cara yang pertama klik di bagian yang saya tandai merah, kemudian klik Pengaturan.

cara yang kedua, ketikkan di browser Anda https://www.facebook.com/settings seperti yang saya lakukan di gambar di bawah ini.


3. Di bagian kiri halaman pengaturan, klik Menu Kronologi dan Penandaan.


4. Pada bagian Siapa yang dapat menambahkan hal-hal ke kronologi saya? Klik Sunting di bagian Siapa yang boleh mengirim ke kronologi saya?

5. Atur hanya Anda yang bisa mengirim di kronologi Anda. Hal ini akan membuat teman Anda di Facebook sama sekali tidak bisa mengirim di Beranda Anda. Anda akan terbebas dari orang yang mengirim konten mesum di halaman Anda. Jika Anda ingin teman Anda masih bisa menulis di laman Facebook Anda, maka pilih Teman.

6. Seringkali muncul kasus Anda ditandai di sebuah postingan mesum di dinding orang lain. Jika Anda ditandai pada postingan tersebut, maka postingan itu akan muncul pula di halaman dan news feed Anda. Untuk mencegah hal ini, klik Sunting pada bagian Tinjau kiriman yang menandai Anda sebelum muncul di kronologi Anda?

7. Pilih Nyala. Hal ini akan membuat Anda bisa memfilter postingan-postingan yang menandai Anda sebelum postingan tersebut muncul di dinding Facebook Anda.

Perlu diingat, cara ini adalah sebagai filter agar dinding facebook Anda aman dari konten yang tidak diinginkan, bukan menghilangkan konten itu sepenuhnya dari Facebook. Yang perlu diingat adalah, hati-hati dalam mengklik suatu link atau video yang tersebar di Facebook agar Anda tidak menjadi 'Gadis Mabuk' berikutnya!

Semoga Bermanfaat. Cheers :)

tempat belajar