Friday, 1 April 2011

Gadget Competition

Selain menggelar CreaT-shirt Design Competition, Kompas MuDA Surabaya juga mengadakan satu kompetisi lagi, Gadget Competititon. Apaan tuh, Nad? Begitu reaksi teman-teman saya tiap saya kasih info ini. So, I’m gonna tell you what Gadget Competition is..

Pernah denger soal QR Code kan ya?  Kalau belum pernah, silakan klik di sini untuk info lebih lengkap. Jadi ya, kalo kita tanya sama si wikipedia katanya sih :
arahkan kamera ponselmu ke kode di atas, tentunya setelah kamu mengaktifkan aplikasi QR Code Reader

Kode QR atau biasa dikenal dengan istilah QR Code adalah bentuk evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi. Penggunaan kode QR sudah sangat lazim di Jepang Hal ini dikarenakan kemampuannya menyimpan data yang lebih besar dari pada kode batang sehingga mampu mengkodekan informasi dalam bahasa Jepang sebab dapat menampung huruf kanji. Kode QR telah mendapatkan standarisasi internasional dan standarisasi dari Jepang berupa ISO/IEC18004 dan JIS-X-0510 dan telah digunakan secara luas melalui ponsel di Jepang

Dan fungsi dari QR Code itu sendiri

Kode QR berfungsi bagaikan hipertaut fisik yang dapat menyimpan alamat dan URL, nomer telepon, teks dan sms yang dapat digunakan pada majalah, surat harian, iklan, pada tanda-tanda bus, kartu nama ataupun media lainnya. Atau dengan kata lain sebagai penghubung secara cepat konten daring dan konten luring. Kehadiran kode ini memungkinkan audiens berinteraksi dengan media yang ditempelinya melalui ponsel secara efektif dan efisien. Pengguna juga dapat menghasilkan dan mencetak sendiri kode QR untuk orang lain dengan mengunjungi salah satu dari beberapa ensiklopedia kode QR .

Trus gimana cara make QR code ini? Lagi-lagi keterangan lengkap udah ada dari si Wikipedia

Kode QR dapat digunakan pada ponsel yang memiliki aplikasi pembaca kode QR dan memiliki akses internet GPRS atau WiFi atau 3G untuk menghubungkan ponsel dengan situs yang dituju via kode QR tersebut. Pelanggan, yang dalam hal ini adalah pengguna ponsel hanya harus mengaktifkan program pembaca kode QR, mengarahkan kamera ke kode QR, selanjutnya program pembaca kode QR akan secara otomatis memindai data yang telah tertanam pada kode QR. Jika kode QR berisikan alamat suatu situs, maka pelanggan dapat langsung mengakses situs tersebut tanpa harus lebih dulu mengetikkan alamat dari situs yang dituju. Jika ingin mengakses kode QR dengan ponsel tanpa kamera, maka hal pertama yang harus dilakukan oleh pengguna adalah dengan menjalankan terlebih dahulu aplikasi peramban yang ada pada ponsel, lalu masukkan URL halaman yang bersangkutan, selanjutnya masukkan “ID” atau 7 digit nomor yang tertera di bawah kode dan klik tombol Go, maka pengguna akan memperoleh konten digital yang diinginkan. Hal ini tentu mempermudah pelanggan dalam mendapatkan informasi yang ditawarkan oleh pemilik usaha. Jenis-Jenis aplikasi yang dapat membaca kode QR antara lain misalnya Kaywa Reader , yang dapat di instal pada ponselnokia,iMatrix, aplikasi untuk iPhone dan ZXing Decoder Online yang dapat digunakan untuk mendekode kode QR berupa imaji dengan memasukkan URL image maupun dengan menguploadnya

Jadi udah jelas ya apa itu QR Code? Sekarang saya bakal jelasin apa itu gadget competition. Gadget competition itu semacam treasure hunt, tapi kali ini yang diburu adalah QR Code. That’s why it’s called gadget competition cause you have to have gadget to play!

Saat kompetisi nanti, peserta harus beradu cepat untuk menemukan QR code dan melaksanakan tugas atau menjawab pertanyaan yang tersimpan dalam QR code itu. Seru banget kan?

Syarat kompetisi ini:
-    usia 15-22 tahun
-    satu tim terdiri dari 3 orang
-    punya gadget yang kompatibel untuk install QR code reader, QR code reader sendiri bisa di download gratis di sini -    membayar uang pendaftaran per tim Rp15.000,-



Gadget Competition sendiri bakal diadakan di  hari Sabtu, 16 April 2011 di Gramedia Expo Surabaya.

ayo, buruan daftar ang be there guys!

CP:
Nada twitter: @nadaharoen ym: nadaharoen
Ricky twitter: @RickyRino

tempat belajar