Tuesday, 16 August 2011

holiday wholeday part 3


Apa jadinya jika kecantikan Candi Prambanan di malam hari dikombinasikan dengan sebuah Sendratari kolosal? A Wonderful Ramayana Ballet, that’s it!

Setelah berkali-kali cuma lewat saja tiap mau balik ke Temanggung, akhir bulan Juli kemarin, saya berhasil membujuk kakak saya untuk menyaksikan sendratari Ramayana. Awalnya kakak saya agak males, soalnya harga tiket paling murah saja 75.000. sebagai sesama mahasiswa yang menjunjung asas hemat di akhir bulan, harga segitu cukup mahal. Tapi ternyata bujuk rayu saya lebih maut daripada asas itu, Kakak saya akhirnya terbujuk juga.

Jadilah sekitar pukul 19.00 kami berangkat, Sendratari Ramayana sendiri dimulai pukul 19.30. tempat pertunjukan memang terpisah dari Candi Prambanan, tidak persis di depan Candi Prambanan. Namun, Candi Prambanan justru menjadi latar panggung yang menarik dengan jarak yang proporsional.

Pertunjukan sendratari selama kurang lebih dua jam benar-benar membuat kami puas, tata panggung yang luar biasa, make up para penari yang benar-benar total, gerak tari yang luwes, bisa rancak bisa lembut, membuat saya betah menyaksikan hingga akhir pertunjukkan.

Sendratari Ramayana sendiri menceritakan tentang kisah Rama-Shinta. Jadi pastilah ada Shinta, Rama, Rahwana dan Anoman. Saya paling suka tokoh Anoman, karena dia keren sekali. Ada salah satu adegan si Anoman ini salto melewati api yang membara!

Emang ceritanya gimana? Nggak seru dong kalo saya kasih tahu. Hehe.. sebaiknya Anda Nonton sendiri saja jika berkesempatan datang ke Jogja. Untuk kali ini cukuplah saya pamer foto dulu. Haha..
atas: Candi Prambanan di malam hari
tengah: Rama dan Sinta sedang beraksi
bawah: kakak saya diapit dua rahwana seusai pentas

Selain ke Prambanan, kakak saya juga sempat mengajak saya ke rumah Dome atau lazim juga di sebut rumah teletubies. Rumah Dome yang berjumlah sekitar 20 ini berada di dusun Ngelepen , kecamatan Prambanan. Para penghuni rumah dome adalah korban gempa Jogja pada tahun 2007 yang desanya telah ambles ke dalam bumi.
atas: Taman Kanak-kanak dome tampak dari samping
tengah: mejeng di depan TK Dome
bawah : Pusat Kesehatan Dome yang dijaga seorang bidan 
Sampai di akhir posting ini, saya baru tersadar masih ada tempat yang belum saya ceritakan selama liburan ini. dan hal itu membuat saya tersadar (juga) betapa saya doyan banget travelling kemana-mana :))

tempat belajar